Belajar menulis gelombang 13
Pertemuan 16 Jum’at ,10 Juli 2020
Waktu Pukul
19.00-21.00 WIB
Pemateri Agust. Subardana, S.E.,MM. CDS
Topik Pemasaran Buku di saat Pandemi
Peresume Agung Harjanto A.Md
Di saat pandemi covid-19 melanda hampir merata dibelahan dunia, baik
Negara maju, Negara berkembang maupun di Negara miskin. Demikian juga pemasaran
buku, jaringan buku buku seluruh
Indonesia dalam kurun waktu hampi empat bulan sementara tutup.Dengan covid 19
banyak orang takut datang ke toko buku,maupun mall-mall yang di dalamnya ada
toko buku.Terjadi penurunan omset toko buku kurang lebih 70% sampai 80 %.Banyak
penerbit yang berhenti distribusi ke toko buku dan juga penerbit yang gulung
tikar maupun bangkrut .
Selama masa pandemi, jumlah pengunjung toko buku mulai pertengahan
Februri sudah mulai turun drastis, naik sedikit dan di bulan April mulai
penurunan lagi dan mulai naik lagi pertengahan juni .
Penerbit buku melakukan strategi mengenai pentingnya mentransformasi
digital. Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch
Economy. Era ini ditandai dengan
interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan
mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di
sector –sektor industri Perbukuan. Perubahan ini berdampak ke banyak hal mulai
dari tempat kerja, Cara belajar-mengajar, kehidupan keluarga hingga aktivitas
sosial. Strategi utama yang dipakai adalah Digital Merketing dalam melakukan
trnsformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku.
Di dalam Digital Marketing harus menyesuaikan diri dengan era New
Normal.Yang termasuk di dalam Digital Marketing adalah Branding, Social Media,
Content marketing, Email Marketing, Video Production, SEO, Web Design, App
Development, SEM.
Manfaat Digital marketing :
1. Biaya lebih
terjangkau atau murah
2. Daya jangkauan
sangat luas
3. Mudah
menentukan target pasar buku yang akan kita tawarkan sesuai katagori
4. Komunikasi
dengan konsumen lebih mudah
5. Mudah
dievaluasi dan dikembangkan
6. Lebih cepat
popular
7. Sangat membantu
meningkatkan penjualan
Digital
Marketing sangat efektif untuk pemasaran buku agar bisa membantu meningkatkan
penjualan. Harus tetap berhubungan dengan pelanggan buku, media sosial,
dibangun terus menerus lewat digital marketing ini. Pastikan buku yang dijual
mudah ditemukan di online baik lewat website dan semua marketplace seperti
bukalapak, tokopedia, Shopee, bibli, belanja.com dan lain sebagainya. Membangun
Reseller untuk menjadi tim di dalam memasarkan buku-buku.Buku juga bisa kita
pasarkan melalui media sosial seperti WA, Facebook, Instagram, youtube.
Untuk
mempertahankan dari strategi penjualan buku ini , dalam kondisi saat ini yang
paling efektif adalah lewat komunitas-komunitas, komunitas-kmonuitas inilah
yang lebih tinggi dari penjualannya dengan komunitas-komuitas yang ada sesuai
dengan katagori produk yang dimiliki, misalkan produk-produk untuk novel, akan
masuk ke komunitas novelis, untuk guru produk-produk yang berkenaan sarana
pendidikan bisa lewat komunitas yang bisa menghubungkan tentang produk-produk
yang diterbitkan.
Ada
beberapa strategi yang dijalankan dalam mempertahankan pemasaran buku. Selalu
tampil yang pertama, tercepat dan tepat sasaran sesuai dengan kategori pasar
yang kita bidik. Mengadakan promo-promo khusus seperti memberikan discount atau
rabat yang lebih pada konsumen dan juga mengadakan event-event seperti Webinar
lewat Zoom, Channel youtube live streaming, group WA.Tanggap situasi dengan
menumbuhkan emphati, bagaimana cepat dalam merespon setiap ada yang ingin
membeli buku, cepat mengirim setelah ada transaksi, mencarikan buku yang sesuai
dengan keinginan konsumen yang telah menghubungi kita, jika ada complain harus
segera memberikan suatu solusi yang jelas dan apa adanya. Dengan menggunakan
mobile marketing juga peluang yang besar, Yang sudah lama digunakan adalah
email marketing dalam digital marketing. Saat ini email marketing masih
digunakan untuk menargetkan pelanggan dan efektif untuk menghubungi lewat
email.
Cara
lain untuk memasarkan buku, pemasaran yang lebih menargetkan pelanggan secara
personal atau personalize marketing. Dengan adanya digital ini, dapat
menampilkan iklan atau informasi dengan target orang yang secara personal, hal
ini dimungkinkan dengan adanya teknologi yang mampu mengidentifikasi kebutuhan
pelanggan secara personal melalui karakteristik pencarian terhubung dengan
internet dan karakter yang sesuai dengan konsumen. Strategi selanjutnya adalah
continuous marketing, yaitu pemasaran selalu berkelanjutan yang menghubungkan
semua lini pemasaran dengan media sosial terus menerus menyasar pengguna sosial
media.Pemasaran buku juga harus terintegrasi digital marketingnya yaitu cara
bagaimana marketing yang menggabungkan seluruh digital marketing dalam sebuah
website atau Toll, aktivitas akan dapa berjalan sekaligus dengan cara kerja
yang sangat sederhana tetapi memiliki dampak yang luar biasa dalam marketing
karena terintegrasi satu dengan yang lain sehingga media sosial tersebut sekali
kita upload , semua terinformasikan, terkoneksi antar media sosial satu dengan
yang lain.Menggunakan content marketing yang menarik, artinya bagi pengguna
internet sekarang ini selalu mencari berbagai informasi melalui internet.
Dalam
pemasaran buku juga diperlukan visual marketing, tidak hanya untuk didunia
nyata tetapi juga bisa di dunia maya seperti instagram, youtube, visual promosi
yang lain. Dalam memasarkan buku memerlukan peran besar di dalamnya, namanya
adalah Google adwordm ,meningkatkan performa marketing yaitu sarana berbayar
tetapi potensi returned yang dihasilkan sangat besar .
Dengan
adanya kebijakan terkait dana BOS, banyak manfaatnya karena tiap sekolah boleh
untuk mengembangkan perpustakaan. Di dalam pengembangan perpustakaan inilah
produk-produk buku sangat dibutuhkan. Sehingga pennerbit bisa mensuplai atau memberikan
gambaran katagori yang bermanfaat untuk perpustakaan. Dengan terkait kebijakan
dana BOS ini , sehingga sekolah bisa mengalokasikan pembelian buku untuk
perpustakaan , karena dengan kondisi pandemic semacam ini siswa butuh belajar
dirumah dengan banyak membaca buku. Dengan adanya fasilitas perpustakaan
sekolah otomatis siswa akan bisa meminjam buku perpustakaan yang dibawa ke
rumah agar bisa dibaca.Menu-menu yang disediakan di penerbit Andi cukup
variatif dan banyak sekali produk-produk baik untuk menu perpustakaan kelas
tingkat SD, SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar